Ribuan UMK Kota Madiun Belum Berijin, Banyak Korban Calo

Ribuan UMK Kota Madiun Belum Berijin, Banyak Korban Calo

Sindikat Post, Madiun –  Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Koperasi dan Usaha Mikro Kota Madiun Harum Kusumawati di kantornya menjelaskan. Usaha Mikro Kecil (UMK) di kota Madiun  banyak yang  belum mengantongi ijin usaha. Karena banyak yang belum berijin, mereka banyak yang jadi sasaran para calo. Dari catatan kita ada lebih kalau seribu belum berizin, jelas Kepala Dinas. Rabu, (13/4/2018).

Untuk mengatasi calo berkeliaran dalam pengurusan izin usaha, Dinas Penanaman Modal, PTSP, Koperasi dan Usaha Mikro Kota Madiun dengan mengambil langkah pelayanan pengurusan izin dengan berkeliling. Supaya usaha mikro kecil (UMK) tidak perlu takut lagi dengan para calo.

Ket : Harum Kusumawati, Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Koperasi dan Usaha Mikro Kota Madiun

Pelayanan jemput bola kita lakukan, karena terindikasi adanya calo, disamping itu juga karena kepedulian masyarakat masih rendah untuk mengurus izin. Tapi setelah kita pelayanan keliling antusias masyarakat cukup besar, ungkap Harum

Terbukti dalam tempo tiga bulan terakhir sampai sekarang telah lebih menerbitkan surat izin 900 ijin usaha mikro kecil ( IUMK ), Harum mengatakan pelayanan perizinan keliling yang  dimulai awal tahun 2018 ini dengan prinsip akan terus berinovasi agar semakin mudah, praktis, cepat, dan efisien.

Diwaktu kita mulai hampir sebulan terakhir program kami luncurkan, sudah sekitar lebih dari 900 IUMK yang kami terbitkan. Kita berkerja sama dengan menggandeng pihak kelurahan yang memang tersentralnya UMK, dengan datang ke kantor kelurahan di jam Dinas. Persyaratannya untuk mengurus izin cukup mudah, foto copy KTP, KK, Surat Rekomendasi dari kelurahan, dan foto pemohon. Semua yang ada di kantor perizinan ini telah  berkomitmen untuk anti pungli dari bawahan  hingga atasan. Apabila ada laporan temuan pungutan liar sanksi tegas akan diterapkan bagi stafnya yang melakukan pungli.

Temuan maupun laporan yang masuk, Harum tidak membantah adanya masyarakat terpaksa dengan biaya besar saat mengurus perijinan akibat peran jasa calo. Dikatakannya, saat ini tidak ada yang melakukan tarikan uang mulai staf, pejabat, terkait perijinan yang diajukan. Sanksi tegas disiapkan baik secara teguran, mutasi, hingga sanksi tegas lain dari Wali Kota Madiun Sugeng Rismianto. Permohonan ijin memang terdapat tarif tersendiri yang diatur dalam Perda. Jika ada pembayaran melebihi dari yang sudah di perdakan, Masyarakat dipersilahkan untuk melapor.

Inovasi yang kita lakukan dalam Pelayanan perijinan keliling ini terbukti mendongkrak permohonan perijinan yang masuk di Dinas Penanaman Modal, PTSP, Koperasi dan Usaha Mikro Kota Madiun.  Empat Ratus Delapan Puluh Enam (486)  investor masuk dengan nilai investasi mencapai Rp 1,3 triliun di tahun 2017. Meningkat dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya 2016 hanya ada 226 investor, dengan nilai investasi sebesar Rp 347 miliar di tahun lalu.

Harum menuturkan Lonjakan yang luar biasa dari tahun ketahun, karena memang ulah oknum calo yang meresahkan membuat kesan mahalnya biaya  perijinan, padalah tidak. Perijinan sangat penting sebagai legalitas usaha. Sebagai dasar pengajuan kredit murah di PD BPR Bank Daerah dengan bunga hanya 0,5 % per tahun, sehingga wajib menyertakan surat ijin usaha dan sudah Rp 12 milyar kita salurkan. Pelaku usaha yang sudah melakukan kepengurusan IUMK, secara otomatis mendapat kartu IUMK yang diterbitkan Bank Daerah Kota Madiun.

Dijaman sekarang serba canggih ITE Dinas Penanaman Modal, PTSP, Koperasi dan Usaha Mikro Kota Madiun juga bakal menerapkan sistem pelayaan online tahun ini. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor untuk mengurus. Pengurusan Cukup melalui smartphone yang diyakini bakal memangkas waktu perijinan hingga meminimalkan dan bisa memutus jasa para calo yang bisa membikin pembayaran menjadi lebih mahal .

Harum Kusumawati selaku Kepala Dinas PMPTST Koperasi dan Usaha Mikro Kota Madiun menjelaskan, pemohon akan menerima file perijinan yang sah dan juga dapat diunduh untuk di printout sebagai bukti.  Proses perijinan tidak akan lama, apabila lancar dan persyaratan lengkap dari pemohon, proses perijinan tidak akan lebih dari tiga jam. Bisa ditunggu dan langsung jadi pada hari itu juga. @ rik

3,117 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!