PUSDATIN KEMDES Bikin Gebrakan

PUSDATIN KEMDES Bikin Gebrakan

Sindikat Post, Jakarta – Secara lengkap Kabalatfo Eko Sri Haryanto membuka pertemuan di Aula Kementerian Desa PDTT di Jakarta dengan melaporkan kepada Menteri Desa PDTT yang didampingi oleh Sekjen, Dirjen, Tim Pakar, staf Ahli dan jajaran Kementerian Desa PD dan Transmigrasi secara lengkap bahwa jajaran dalam tanggung jawabnya hari itu secara resmi meluncurkan berbagai komponen System E-Government secara lengkap guna mengantar Kemdes memasuki era industri 4.0 dalam mengelola seluruh tugas yang dipercayakan Pemerintah kepada jajaran Kementerian ini.

Laporan lengkap dari Kabalatfo itu disambung oleh seorang pemandu acara cantik yang kemudian mengundang Kepala PusDatin Ivanovick Agusta yang naik panggung dengan lari-lari kecil, tidak seperti seorang pejabat tinggi, tetapi layaknya, menurut Menteri Eko sebagai “pemain panggung” dalam acara “standup comedy” yang dengan gaya santai menjelaskan isi acara “ilmiah” seluruh system E-Government yang mestinya kering dan membosankan menjadi sangat penting dan menarik karena akan membantu Kementerian yang baru ini mengelola dukungan administrasi mulai dari urusan pegawai sampai dukungan supply kebijakaan penting guna menata dan menggerakkan pembangunan bagi sekitar 74.900 desa di seluruh Indonesia melalui cara nmodern system digital yang canggih dan transparan.

Yang mengejutkan adalah bahwa system yang dikembangkan bukan saja berlaku untuk Kementerian Desa PDTT tetapi sekaligus disambungkan pada jajaran instansi terkait sehingga misalnya untuk kepegawaian tersambung secara otomatis dengan BKN, yang Keuangan terhubung dengan Kementerian Keuangan dan lainnya dengan jajaran yang bertanggung jawab masing-masing, sehingga seluruh system jaringan secara otomatis menyatukan seluruh aparat pemerintah dalam system yang baku dan transparan.

Karena itu sewaktu Menteri Eko Putro Sanjoyo memberi komentar dalam sambutannya, dengan ceria beliau menyatakan sangat gembira bahwa akhirnya Kementerian Desa PDTT menggunakan e-government. Dengan e-government semua proses adminsitrasi dan pelaporan dari seluruh unit kerja serta desa-desa di Indonesia bisa diterima dengan lebih cepat, akurat dan transparant sehingga proses pengambilan keputusan bisa lebih tepat, cepat dan diketahui publik.

Sambutan singkat itu diakhiri dengan mengucapkan terima kasih kepada seluruh staf Pusdatin yang stafnya ditampilkan oleh Ivanovick  Agusta dengan gaya masing-masing yang orisinal. Selamat untuk pak Ivanovick, seorang sosiolog yang melalui sistem e-government membawa Kemdes kepada masyarakat yang dilayaninya secara terbuka. @red (hs)

337 kali dilihat, 18 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!