Puluhan Jemaat Ikuti Prosesi Sembahyang Tuhan Allah di Klenteng Cokro

Puluhan Jemaat Ikuti Prosesi Sembahyang Tuhan Allah di Klenteng Cokro

Sindikat Post, Surabaya – Ratusan lilin menyala ditata di Altar Tuhan Allah yang terletak di halaman klenteng Hong San Ko Tee atau Klenteng Cokro, menambah khidmat suasana. Sementara disekitarnya, puluhan jemaat mengikuti prosesi Sembahyang Tuhan Allah (King Thi Kong) sebagai rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Kuasa, Minggu (2/2/2020) dini hari.

Menurut pengurus Klenteng Cokro A Kiong, Sembahyang Tuhan Allah merupakan tradisi orang Tionghoa. “Jadi yang melakukan sembahyang ini bukan hanya kami yang menganut Tri Darma (Taoisme, Buddhisme dan Konfusianisme). Orang Tionghoa penganut Kristen pun, banyak juga yang ikut melaksanakan sembahyang ini,” ujarnya.

“Kegiatan yang menjadi salah satu rangkaian perayaan Imlek ini, dilakukan setiap Cia Gwe Cwe Kaw atau hari ke-9 bulan 1 penanggalan Imlek. Dan sama seperti malam Tahun Baru Imlek, tradisi Sembahyang Tuhan Allah di Klenteng Cokro memang dilakukan tepat saat pergantian hari atau jam 12 malam,” tambahnya.

“9 (sembilan) itu kan angka tertinggi dan Tuhan itu adalah yang paling tinggi. Jadi di tahun baru ini, biasanya kami memohon pada Tuhan Allah agar diberi rejeki yang melimpah, kesehatan, keselamatan, kedamaian, serta persatuan dan kerukunan antar umat beragama,” pungkasnya. @juju

425 kali dilihat, 7 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!