PT KAI Luncurkan KA Sancaka Utara Untuk Tingkatkan Perekonomian Jawa Timur

PT KAI Luncurkan KA Sancaka Utara Untuk Tingkatkan Perekonomian Jawa Timur

Sindikat Post, Surabaya – Manajemen PT KAI resmi meluncurkan dan mengoperasikan Kereta Api (KA) Sancaka Utara. Secara simbolis keberangkatan KA Sancaka Utara dilakukan oleh Wagub Jatim Emil Dardak, didampingi Direksi Keselamatan PT KAI, John Roberto dan EVP PT KAI Daop 8 Surabaya, Suryawan Putra Hia, di stasiun Pasar Turi Surabaya, Minggu (1/12/2019).

Menurut Suryawan Putra Hia, kehadiran KA ini sebagai upaya PT KAI dalam meningkatkan pelayanan transportasi, khususnya jasa angkutan kereta api.

“Kita sengaja menghadirkan KA Sancaka Utara ini, untuk merespon berkembangnya perekonomian di wilayah Jawa Timur bagian Utara, seperti Cepu, Bojonegoro, Lamongan dan Surabaya,” ujar Suryawan

Menurutnya, sebagai moda transportasi massal, kereta api selalu menjadi pilihan terbaik masyarakat untuk melakukan perjalanan.

“Kami ingin hadirnya KA Sancaka Utara ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan mobilitas masyarakat di wilayah Jawa Tengah bagian Selatan dengan masyarakat Jawa Timur bagian utara. Dimana pada kedua daerah tersebut, terdapat pusat bisnis, pertambangan, pariwisata dan tempat Pendidikan, yang saat ini tumbuh dengan pesat,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Gubenur Jawa Timur, Emil Dardak menyambut baik dan mendukung penuh pengoperasian KA Sancaka Utara ini. “Kita harapkan dengan adanya KA Sancaka Utara ini, bisa memudahkan mobilisasi para wisatawan dari Jawa Tengah berkunjung ke Jawa Timur, begitupun sebaliknya. Sehingga bisa meningkatkan sektor pariwisata di Jawa Timur,” ujar Emil Dardak.

KA Sancaka Utara relasi Pasar Turi – Kutoarjo, dijadwalkan berangkat dari Stasiun Pasar Turi pada pukul 07.00 WIB, dan tiba di Stasiun Kutoarjo pukul 14.07 WIB. Sementara KA Sancaka Utara relasi Kutoarjo – Pasar Turi, berangkat dari Stasiun Kutoarjo pada pukul 17:15 Wib, dan tiba di Stasiun Pasar Turi pukul 00:35 WIB.

Tarif yang diberlakukan menggunakan mekanisme tarif batas bawah (TBB) dan tarif batas atas (TBA), mengingat KA Sancaka Utara merupakan KA komersial (non subsidi) dengan rincian harga tiket di mulai dari tarif Rp 110.000. @juju

1,205 kali dilihat, 107 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!