Program Gerakan Donasi Kuota XL Axiata Untuk Wujudkan Digitalisasi Madrasah 4.0

Program Gerakan Donasi Kuota XL Axiata Untuk Wujudkan Digitalisasi Madrasah 4.0

Sindikat Post, Sidoarjo – Untuk mendukung program Digitalisasi Madrasah yang diinisiasi Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Kementerian Agama (Kemenag) RI. XL Axiata terus memperluas penyaluran donasi kuota data ke ratusan Madrasah Aliyah (MA) di berbagai daerah.

Di Jawa Timur, donasi disalurkan kepada 196 Madrasah Aliyah yang tersebar di 38 kabupaten/kota. Secara simbolis, donasi diserahkan oleh Group Head XL Axiata East Region, Bambang Parikesit kepada Plt Kepala Kanwil Kemenag Jatim, Amin Mahfud, yang didampingi Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Dr. Akhmad Sruji Bahtiar, di Sidoarjo, Selasa (3/12/2019).

Menurut Bambang Parikesit, Internet cepat telah menjadi kebutuhan dasar di setiap lembaga pendidikan Indonesia, termasuk di Madrasah Aliyah. “Kami mengapresiasi pihak Kemenag yang memiliki visi sangat maju dalam membawa madrasah memasuki era serba digital, melalui program Madrasah 4.0. Karenanya kami sangat antusias mendukung program tersebut, melalui Gerakan Donasi Kuota (GDK). Yang diharapkan makin mempermudah madrasah mendapatkan akses ke layanan data berkecepatan tinggi,” ujarnya.

“Secara bertahap hingga akhir 2019, XL Axiata akan menyalurkan donasi kuota data kepada 579 Madrasah Aliyah di berbagai daerah di Indonesia. Tentunya pemilihan madrasah penerima donasi akan disesuaikan dengan jangkauan jaringan layanan data milik XL Axiata, yang semakin menjangkau area-area pelosok daerah. Bahkan termasuk area yang berkategori terpencil dan terluar. Sehingga akan membantu madrasah yang ingin menerapkan digitalisasi,” tambahnya.

Sementara itu, Amin Mahfud menyambut baik program GDK XL Axiata ini, “Sejalan dengan visi Kementerian Agama RI untuk mewujudkan Madrasah Goes to Digital. Kami berkomitmen memberi dukungan penuh melalui beragam program, yang dikemas untuk menumbuhkan semangat digitalisasi di tengah para pelajar. Termasuk di dalamnya penyaluran perangkat internet berkecepatan tinggi kepada Madrasah Aliyah, “ujarnya.

“Saat ini di Jatim sudah ada sekitar 650 madrasah negeri dan swasta di 27 kabupaten/kota yang menerapkan digitalisasi. Dimana sebagian diantaranya mendapat dukungan akses data program GDK XL Axiata. Diharapkan hingga akhir tahun mencapai 1300 madrasah,” tambahnya.

Program Gerakan Donasi Kuota XL Axiata berupa fasilitas akses internet cepat. Lengkap dengan perangkat router dan kuota sebesar 20GB per bulan selama satu tahun, kepada setiap Madrasah Aliyah. Mekanisme penyaluran donasi kuota dilakukan dengan menyertakan perangkat router XL Home. Sehingga bisa dibagikan secara simultan ke 32 perangkat smartphone atau laptop yang digunakan para siswa dan pengajar. Mekanisme ini sekaligus untuk memastikan donasi bisa dimanfaatkan secara efektif dan kolektif. @juju

427 kali dilihat, 13 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!