Polres Tanjung Perak Ringkus Komplotan Spesialis Pencurian Motor Tanpa Kunci Stir

Polres Tanjung Perak Ringkus Komplotan Spesialis Pencurian Motor Tanpa Kunci Stir

Sindikat Post, Surabaya – Sat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak berhasil meringkus komplotan spesialis pencurian kendaraan bermotor (curanmor) R2 yang tidak dikunci stir. Modusnya, setelah mendapatkan motor incarannya, para pelaku akan menuntun motor itu sampai bertemu tukang kunci.

Menurut Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya AKBP Ganis Setyaningrum, komplotan beranggotakan 4 (empat) orang ini sudah beraksi sebanyak 16 kali.

“Komplotan ini khusus mencuri motor terparkir yang tidak dikunci stir atau kunci ganda. Jadi mereka tidak pernah merusak rumah kunci motor yang dicurinya. Mereka tuntun motor itu sampai bertemu tukang kunci. Lalu dengan alasan kunci hilang mereka membuat kunci duplikat,” ujar Ganis saat gelar ungkap kasus di Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Senin (13/1/2020).

“Setelah mendapa kunci duplikat, mereka menghidupkan mesin motor dan membawanya ke penadah dan menjualnya dengan kisaran harga Rp. 5 juta per motor. Lalu hasilnya dibagi rata,” tambahnya.

Lebih lanjut Ganis menjelaskan, jika para pelaku ini tergolong nekat. “Tak hanya menjual secara umum ke penadah, pelaku yang hanya mengincar motor jenis matic ini, juga menjual secara online lewat media sosial. Saat kami tangkap, 2 (dua) dari 5 (lima) pelaku terpaksa kami tembak kakinya, karena berusaha melarikan diri,” pungkasnya.

Dalam kasus ini, Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya mengamankan 5 (lima) tersangka, yaitu Z (38), As (39), A (38), R (40) dan IR (39). Mereka semua berasal dari Kabupaten Bangkalan dan Sampang. Untuk 4 (empat) pelaku pencurian dijerat dengan pasal 363 UU KUHP. Sementara satu penadahnya dijerat dengan pasal 480 UU KUHP. @juju

270 kali dilihat, 10 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!