Penggunaan Dana Desa untuk Penanganan Covid-19

Penggunaan Dana Desa untuk Penanganan Covid-19

Ket : Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar

 

Sindikat Post, Jakarta – Sesuai pengarahan Presiden Jokowi, Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar telah mengeluarkan Instruksi Menteri terkait Dana Desa. Masyarakat menghadapi Virus Corona (Covid-19), dana desa bisa digunakan untuk Padat Karya Tunai yang intinya adalah peningkatan daya tahan ekonomi dan kesehatan yang berhubungan dengan serangan Virus tersebut.

Bahkan Menteri memberi penjelasan agar rancangan yang telah diselesaikan atau belum, disesuaikan dengan petunjuk baru tersebut. Untuk memperkuat ketahanan ekonomi diharapkan pembayaran untuk padat karya tunai itu dibayarkan setiap hari bagi tenaga penganggur, anggota masyarakat marginal dan keluarga miskin.

Dijelaskan bahwa upaya melakukan perubahan itu bisa tidak hanya satu kali saja, tetapi tergantung pada perkembangan situasi bahaya Virus yang ganas tersebut. Untuk itu perlu ada pembicaraan serius dengan Kepala Daerah dan Lembaga Bencana Alam setempat.

Semua harus di lakukan dalam rangka membentuk Gugus Tugas Covid-19 yang anggotanya terdiri dari anggota lembaga yang ada di desa seperti Pendamping Desa, Petugas PLKB, petugas Sosial dan lainnya. Gugus Tugas ditugasi usaha pencegahan seperti penduduk tidak menyelenggarakan kegiatan berkerumun di desa.

Gugus Tugas harus melakukan pengamanan dan pemantauan secara rutin, seperti melakukan juga karantina yang datang dari luar kota yang bisa diduga memili8ki gejala. Semua itu harus di bicarakan dengan Kepala Daerah dan petugas lain yang ada di desa.

Secara lengkap penjelasan Menteri Desa itu bisa disimak melalui https:/youtu.be/ws-oZftwqnk yang menampilkan wawancara langsung dengan Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar. @red (hs)

915 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!