Pemberdayaan Inklusif Untuk Jualan On Line

Pemberdayaan Inklusif Untuk Jualan On Line

Sindikat Post, Jakarta – Tidak kurang dari 30 ibu-ibu dan bapak-bapak penyandang disabilitas dan para simpatisan lainnya secara bersama, inklusif, hari Sabtu (9/3/2019) lalu selama satu hari penuh berkumpul di Haryono Center di Pengadegan, Jakarta.

Mereka mengikuti gerakan mandiri maju membangun usaha keluarga melalui pelatihan berbagai ketrampilan jualan produk secara on line dalam pertemuan yang inklusif. Artinya para peserta disabilitas yang datang dengan kursi roda atau pada waktu berjalan di topang oleh alat tertentu, tidak segan bersama kelompok lain yang sehat sempurna berkumpul mendengarkan motivasi untuk maju bersama, dengan diantar oleh Pembina Yayasan Anugerah Haryono Suyono dan Ketua Yayasan Fajar Wiryono tentang ajakan untuk bekerja dan membuka usaha agar hidup keluarganya makin mandiri dan sejahtera.

Para peserta datang dari seluruh wilayah DKI Jakarta dan Bekasi mendapatkan informasi antara lain dari Ibu Yuli Sapto dan kawan-kawannya dari kelompok disabilitas atau informasi on line yang disiarkan melalui berbagai media sosial, termasuk melalui gemari.id, tentang acara berkumpul tersebut.

Pertemuan yang biasa diadakan pada hari Sabtu itu tidak dipungut bayaran tetapi masing-masing membawa bekal sendiri atau makan seadanya dari warung Bakso yang di sediakan oleh salah satu anggota yang memiliki lapak Bakso dan makanan kecil lainnya, suatu upaya gotong royong yang akrab. Setiap acara yang diadakan diarahkan pada topik pilihan oleh pembicara utama yang dipilih para pesertanya.

Pada hari Sabtu tersebut sponsor dan pembicara utamanya adalah pak Zulfan Nusantara, salah seorang tokoh disabilitas yang memiliki kegiatan menjual dengan sistem on line yang berhasil. Pak Zulfan dan kelompok Timnya bersedia berbagi sesama disabilitas dan ibu bapak yang berminat bekerja keras membangun keluarganya menjadi keluarga sejahtera.

Setelah acara pembukaan singkat pak Zulfan yang penyandang disabilitas dan selalu kemana-mana diatas kursi roda dan isterinya tercinta serta Timnya yang memiliki pengalaman luas menjualan kebutuhan pokok dan lainnya secara on line yang berhasil berbagi secara terbuka dengan para peserta dalam dialog yang sangat menarik.

Cerita pengembangan usaha dari awal sampai berhasil dengan omset jutaan dibuka oleh pak Zul dengan Timnya melalui contoh-contoh pasang surut yang sangat unik, termasuk pujian dan caci makin pelanggan yang puas atau pelanggan yang karena musibah pesanannya tidak sampai tepat waktu.

Suka duka yang selalu ada dalam sistem perdagangan dan pelayanan publik yang menarik, menurut pak Zul tidak boleh membuat seseorang putus asa atau menyerah tetapi harus teguh dan mengusahakan pelayanan yang terbaik serta memuaskan untuk pelanggan yang diharapkan akan menjadi pelanggan yang setia.

Hadir dalam acara itu Dr. Charles B. Purba seorang dosen yang akhir-akhir ini sangat tertarik pada usaha sosial dan ingin lebih banyak memberikan dukungan pada masyarakat luas membangun keluarga yang lebih mandiri dan sejahtera.

Belajar dari beliau, Yayasan Anugerah yang dipimpin oleh Fajar Wiryono siap bekerja sama dan menampung gagasan untuk menggelar acara berbagi dengan masyarakat luas. Media sosial gemari.id, jaringan sosial Posdaya dan rekan-rekan dari berbagai LPM Perguruan Tinggi di Jakarta dan sekitarnya akan diajak menjadi media penghubung mengundang peserta yang berminat untuk mengadakan pertemuan yang menarik dan membawa manfaat yang sangat besar. @red (hs)

78 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!