Pasar Bager Desa Cipari Jaga Tradisi Kuliner Lokal

Pasar Bager Desa Cipari Jaga Tradisi Kuliner Lokal

Sindikat Post, Cilacap – Desa Cipari terletak di Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Menurut pelaporan Khalid Barkah yang terbaca Ketua Tim Pakar Menteri Desa PDTT Haryono Suyono, di Desa ini terdapat Pasar “Bager” sebagai sebuah pasar kuliner tradisional yang dikembangkan oleh para pemuda.

Menurut laporannya, menjamurnya gerai dan toko modern, seperti AlfaMart, Indomaret, dan sejenisnya, tidak menyurutkan niat sekelompok pemuda Desa Cipari untuk mempromosikan pasar kuliner lokal tersebut.

Pasar Bager, akronim dari nama jalan “Banyu Panas dan Pager Gunung”, yang kebetulan lokasi pasar tradisional ini persis di persimpangan yang memisahkan kedua dusun tersebut menjadi tempat yang strategis.

Menurut Kepala Desa Cipari, Sumono dan Pengelola Pasar, Sutrisno, keberadaan pasar di persimpangan jalan itu memiliki dua fungsi, yaitu nilai sosial dan nilai ekonomis. Nilai sosial yang dimaksudkan adalah melestarikan tradisionalitas kuliner dan jenis makanan kuna/lawas yang sudah ada sejak dulu agar tetap dinikmati generasi era millenial. Nilai ekonomis, hal ini terbukti dari perputaran ekonomi yang kembali menggeliat dengan memunculkan para pedagang-pedagang di sekitar desa Cipari.

Beberapa jenis makanan dan minuman tradisional yang bisa dijumpai adalah gembus, pecel, sate totok, nasi bakar, ketoprak, timus, jagung bakar, ciwel, intil dan berbagai macam makanan olahan tradisional. Untuk minuman khas bisa dijumpai adalah badeg (sadapan kelapa), cendol, es tebu, es gosrok, dan berbagai jenis minuman tradsional lainya.

Harga makanan dan minuman yang dijajakan sangat terjangkau oleh para pengunjung pasar, variatif mulai dari 1.000 hingga 5.000 rupiah. Sabtu dan Minggu sore adalah waktu yang dipilih pengelola pasar untuk para pengunjung bisa berwisata kuliner tradisional. Sebelum buka pengunjung juga bisa berolahraga secara gratis bersama dengan ibu-ibu dari sanggar senam setempat.

Secara geografis, keberadaan pasar kuliner ini tidak terlalu jauh dari objek wisata “Cidandur Forest”, Curug Geulis, serta objek Wisata Banyu Panas (Pemandian Air Panas) Cipari. Anda bisa berwisata sambil berkuliner pada satu tempat yang tidak terlalu jauh.

Sejak dibuka pada 2018, pengunjung Pasar Bager selalu antusias mengunjungi dan berbelanja. Kegiatan Pasar Bager mampu meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat Cipari dan sekitarnya.

Pada bulan Ramadhan, pasar bager beroperasi setiap hari mulai dari jal 15.00 sampai dengan waktu berbuka puasa. Takjil menjadi menu tambahan yang hadir pada saat bulan puasa. Suatu kombinasi yang menarik dan membawa berkah kepada kalangan yang luas.@red (hs)

4,254 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!