Mengenal Gejala Penyakit Stroke Yang Berbahaya

Mengenal Gejala Penyakit Stroke Yang Berbahaya

Sindikat Post, Jakarta – Stroke adalah suatu serangan kepada setiap orang, tidak peduli muda atau tua di mana seseorang yang terkena serangan stroke bisa terjadi karena supply darah ke bagian otak kita terganggu atau berkurang, kemudian mengganggu bagian penting dari otak karena supply kebutuhan sel-selnya terganggu.
Serangan stroke adalah masalah bahaya medis yang memerlukan penanganan yang sangat cepat dan akurat.

Penanganan cepat dan tepat mencegah kerusakan yang parah pada otak sehingga hanya dengan penanganan kilat saja yang bisa mencegah kerusakan otak yang lebih parah dan tidak akan mengganggu bagian tubuh lainnya. Keterlambatan penanganan akan menyebabkan bagian tubuh seseorang yang terkena serangan stroke akan terganggu, tidak bisa digerakkan atau tidak bisa difungsikan lagi.

Komplikasi dari serangan stroke bisa dicegah hanya dengan penanganan yang sangat cepat, keterlambatan penanganan serangan akan menyebabkan susah atau bahkan tidak mungkin disembuhkan. Komplikasi itu akan mempengaruhi banyak sekali bagian dari tubuh seseorang. Penanganan yang cepat dan tepat itu juga akan mencegah seseorang dari kematian yang mendadak.

Ada tanda-tanda yang dapat dilihat atau dirasakan oleh seseorang yang akan terkena serangan stroke. Karena itu setiap orang diwajibkan memahami dan memperhatikan gejala-gejala yang pada umumnya menyerang seseorang sebelum terkena serangan stroke. Tanda-tanda itu begitu cepat sehingga kalau kita tidak waspada, antara tanda-tanda yang timbul dan serangan stroke hampir tidak ada jaraknya.

Perhatian terhadap tanda-tanda tersebut mempengaruhi penanganan penderita serangan stroke, makin terlambat dirasakan dan dilaporkan tanda-tanda serangan tersebut makin sulit menangani seseorang yang terkena stroke.

Kesulitan bicara dan mengerti. Kalau Anda mengalami kesulitan bicara dan mengerti suatu pembicaraan, jangan dianggap enteng, segera konsultasi dengan dokter yang memang mengerti menangani masalah gejala awal suatu serangan stroke.

Rasa bebal pada muka, tangan atau kaki. Perasaan bebal atau tidak merasakan sentuhan yang timbul pada muka, artinya muka mendadak kalau dipegang tidak merasakan sesuatu, atau tiba-tiba tangan atau kaki tidak bisa bergerak bebas, atau tidak merasakan sesuatu kalau disentuh, bisa juga merupakan tanda awal akan datangnya serangan stroke.

Bisa juga seseorang merasakan sukar bicara atau malah pelo, atau tangan sukar digerakkan, kaki sukar digerakkan, atau bahkan kita tiba-tiba ingin jatuh atau tanpa sebab yang berarti jatuh dan sukar berdiri atau malah sama sekali tidak bisa berdiri sendiri itu bisa merupakan tanda-tanda awal serangan stroke.

Sukar melihat dengan satu atau dua mata. Apabila tiba-tiba kita merasa sukar melihat dengan salah satu mata atau malah dengan kedua mata kita menjadi babur, atau yang kita lihat menjadi tidak jelas atau bahkan tidak kelihatan sama sekali, itu juga merupakan tanda-tanda awal serangan stroke, kita harus hati-hati dan segera konsultasi dengan dokter ahli di rumah sakit terdekat.

Merasa pusing. Suatu perasaan pusing yang mendadak, bahkan bisa merasa sangat pusing karena otak kita terganggu. Bisa saja perasaan pusing itu diikuti dengan muntah-muntah, rasa tidak stabil goyang ingin jatuh dan bisa berakhir menjadi tidak sadar, adalah tanda-tanda suatu serangan stroke. Kita harus segera pergi ke dokter di rumah sakit terdekat jangan dipandang gejala biasa dan bisa ditunda sampai ketemu dokter di tempat praktek umum sore harinya.

Susah berjalan. Kalau kita merasa akan jatuh kalau mau berjalan, pusing dan tidak stabil, berguncang dan tidak bisa mengendalikan diri lagi, itu juga bisa merupakan tanda-tanda awal dari serangan stroke yang berbahaya, segera konsultasi kepada dokter ahli di rumah sakit.

Kalau ada tanda-tanda di atas segera pergi atau dibawa ke dokter ahli penangananan masalah serangan stroke. Serangan tidak akan menunggu waktu lama, makin segera mendapat penanganan makin baik. Ingat gangguan awal adalah pada muka yang sukar tersenyum, tangan yang sukar digerakkan, sukar bicara atau pelo, dan yang penting tidak ada waktu untuk menunda, segera dibawa ke rumah sakit dan dokter yang biasa atau mampu menangani masalah stroke. Makin cepat makin baik. @red (Haryono Suyono, Pembina Yayasan Stroke Indonesia).

165 kali dilihat, 9 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!