Membangun Gerakan Kerjasama Dengan Bumdes

Membangun Gerakan Kerjasama Dengan Bumdes

Sindikat Post, Jakarta – Telah diadakan pertemuan Tim Pakar yang dipimpin oleh Ketua Tim Pakar Menteri Desa PDTT Haryono Suyono, dihadiri oleh Ibu Dr. Sari Tyas, Dr. Jimmy Gani didampingi staf tehnis secara lengkap dipimpin oleh Abdullah Kamil bersama Ir. Herlina Sulistyawati, Dirjen Pembangunan Kawasan Perdesaan (Dirjen PKP), Adityawarman dan staf, penanggung jawab program pengembangan kawasan Perdesaan menyangkut pengembangan Bumdes dan kegiatan pembangunan keterpaduannya dengan berbagai kegiatan pembangunan masyarakat desa lainnya. Kamis (3/10/2019).

Pertemuan dengan tujuan memantabkan rencana kerja sama Bumdes dengan BUMN, Perusahaan swasta atau Badan Usaha lainnya serta lembaga-lembaga yang erat hubungannya dengan pengembangan masyarakat desa pada umumnya. Pertemuan menyepakati keterlibatan Tim Pakar untuk mulai bulan ini terlibat pada beberapa kegiatan strategis yang akan di laksanakan di beberapa Kabupaten dan desa sebagai titik awal.

Dalam langkah bersama yang akan dimulai pada tanggal 7 sampai 9 Oktober ini rombongan Tim Pakar dan jajaran yang dipimpin Ibu Herlina akan berkunjung dan mengadakan langkah-langkah persiapan operasional di Kabupaten Temangung yang dipimpin Bupati Temanggung, dan berharap mengadakan sosialisasi kepada beberapa desa, dan Bumdes yang telah terbentuk untuk memperkuat kondisi Bumdes yang ada, dan apabila memungkinkan akan membentuk Bumdes bersama, untuk menangani usaha, atau komoditas yang memiliki daya ungkit untuk kemajuan desa, atau wilayah yang lebih luas dari desa, atau beberapa desa yang memiliki komoditas, atau kesamaan dalam pelayanan yang baik kepada masyarakat luas.

Persiapan yang diselenggarakan itu diharapkan akan mematangkan Kabupaten Temanggung untuk memulai secara resmi program kerja sama dengan beberapa perusahaan atau badan usaha pada tanggal 14 Oktober mendatang.

Kegiatan kedua akan dimulai pada tanggal 11 sampai 13 Oktober 2019 di Kabupaten Trenggalek dalam rangka persiapan yang sama untuk dimulainya kerja sama yang lebih luas pada tanggal 16 Oktober 2019. Dalam pertemuan di Kabupaten Trenggalek direncanakan akan dipimpin oleh Bupati Trenggalek di Pendopo Kabupaten dengan melibatkan seluruh jajaran Unit-unit kerja, Kepala Desa, Bumdes, dan Perusahaan, atau Lembaga-lembaga Ekonomi Sosial yang diharapkan bisa mengadakan kerja sama yang menguntungkan dengan Bumdes yang ada, atau dengan Bumdes bersama yang akan terbentuk atau bisa segera terbentuk di Kabupaten tersebut.

Menurut rencana, beberapa anggota Tim Pakar akan hadir pada kesempatan tersebut, memberikan masukan untuk pengembangan di wilayah ini dengan harapan bisa ditularkan ke wilayah lain secepatnya. Semoga bisa memperbesar peluang yang lebih luas kerja sama Bumdes dengan usaha lain yang lebih besar. @red (hs)

254 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!