Masyarakat Lapor KPK, Ada Pihak Lakukan Penipuan Mengatasnamakan KPK

Masyarakat Lapor KPK, Ada Pihak Lakukan Penipuan Mengatasnamakan KPK

Sindikat Post, Jakarta – KPK melalui tulisan di Twitter resmi KPK yang dikelola Biro Humas Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) pada hari Jumat (14/6/2019) sore, mengingatkan kepada masyarakat untuk waspada kepada pihak yang berusaha menipu mengatasnamakan KPK.

Hari ini, Jumat (14/6/2019) KPK kembali mendapatkan laporan tentang sejumlah pihak yang dan berupaya melakukan penipuan mengatasnamakan KPK. Sejak akhir Mei 2019  hingga hari ini, terdapat 60 laporan pengaduan masyarakat yang mengatakan dihubungi oleh nomor tidak dikenal dan mengaku sebagai petugas KPK.

KPK ungkap Modus Operandi yang dijalankan penipu. Pelapor berbicara dengan oknum yang menanyakan nama dan nomor identitas, kemudian disampaikan bahwa pelapor terindikasi pencucian uang karena ada dana di salah satu bank dan terindikasi uang tersebut terkait dengan kasus korupsi.

Selanjutnya, pelapor seolah-olah dihubungkan ke kantor Polda tertentu (ada oknum lain yang berbicara dan mengaku petugas Polri yang bertugas di Polda tersebut).

Pelapor ditawarkan jasa untuk membantu agar dapat mengamankan hartanya dan tidak terkait dengan kasus di KPK. Pada tahapan ini pelapor akan dimintai nomor rekeningnya.

Dari kejadian penipuan yang diadukan masyarakat, KPK memberi pesan kepada masyarakat bahwa masyarakat agar berhati-hati jika ada pihak-pihak yang mengaku KPK atau penegak hukum lainnya yang menyampaikan Informasi keliru dan menawarkan dapat mengurus sebuah perkara dengan imbalan tertentu.

Jangan berikan data atau Informasi Pribadi dan segera klarifikasi dengan cara menghubungi Call Center KPK 198. Jika ada upaya penipuan atau pidana lebih lanjut, silakan langsung melaporkan pada kantor kepolisian terdekat. @red

654 kali dilihat, 9 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!