Lomba Balap Dayung Desa Sungai Rangas Tengah Kab.Banjar

Lomba Balap Dayung Desa Sungai Rangas Tengah Kab.Banjar

Sindikat Post, Banjar – Gedhe Nusantara melaporkan dari Desa Sungai Rangas Tengah adanya inovasi pengembangan wisata desa. Karena laporannya menarik, Ketua Tim Pakar Menteri Desa PDTT Haryono Suyono menganjurkan agar para pemuda di manapun berada, beramai ramai mempersiapkan diri, dan ikut datang ke desa itu, untuk memeriahkan acara yang dimiliki desa ini berupa balap dayung yang digelar rutin tahunan. Selain lomba, ada beragam tradisi budaya dan kuliner khas banjar yang selalu menyedot perhatian para wisatawan. Terlebih, even ini sudah menjadi kalender tetap Dinas Pariwisata dan Olahraga Kabupaten Banjar sehingga menjadi agenda pengembangan wisata kabupaten.

Desa Sungai Rangas Tengah merupakan salah satu desa di Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Desa ini memiliki beragam paket wisata sebagai destinasi Desa Wisata Khatulistiwa. Pengembangan wisata desa ini juga mendapat dukungan penganggaran cukup besar dari APBDes Sungai Rangas Tengah. Dampaknya, produktivitas dan kesejahteraan masyarakat dapat ditingkatkan.

Inovasi desa wisata mampu meningkatkan peran dan ekstensi masyarakat, khususnya pemuda, dalam pengembangan pembangunan, pemberdayaan masyarakat, dan ekonomi desa. Selain Program Desa Wisata Khatulistiwa, Desa Sungai Rangas Tenga juga aktif mempelopori Padat Karya Tunai (PKT) dan mengembangkan lembaga ekonomi desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bina Sejahtera. Dengan demikian berkembangnya wisata telah memungkinkan desa makin berkembang dengan usaha milik desa, yang pada gilirannya akan merangsang masyarakat bisa ikut membuka usaha, sehingga desa akan berubah menjadi kota yang penuh dengan usaha yang ramai dengan para pembeli yang datang dari desa sendiri, atau pendatang yang tertarik dengan hiburan wisata yang makin sering diadakan di desa yang makin ramai. @red

259 kali dilihat, 16 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!