Laporan Pertanggungjawaban Kepala Desa Sidomulyo Kecamatan Sei Balai Patut Dipertanyakan

Laporan Pertanggungjawaban Kepala Desa Sidomulyo Kecamatan Sei Balai Patut Dipertanyakan

Sindikat Post, Batubara -Semenjak Kades Desa Sidomulyo Kecamatan Sei Balai Kabupaten Batubara di pimpin oleh Kades bernama Resmayanto, diduga pembangunan di desa berjalan di tempat. Salah satu contoh adalah sampai saat ini tidak terbaca kantor Desa atau kantor dinas karena Papan nama Kantor kepala Desa tidak kunjung siap, mulai anggaran tahun 2016 sampai tahun 2017 dan sekarang masuk anggaran tahun 2018 papan nama Kantor kepala Desa Sidomulio Kecamatan Sei Balai belum siap, ironisnya Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Kades Desa Sidomulio Kecamatan Sei Balai berjalan dengan lancar dan Mulus.

Ket : Parmin, tokoh masyarakat

Menurut tokoh masyarakat bernama Parmin kepada wartawan mengatakan bahwa Kades Desa Sidomulyo ini jarang masuk kantor, dan keterbukaan informasi penggunaan Dana Desa dan ADD juga tertutup, dan waktu saya menjabat sebagai bendahara desa Sidomulio Kecamatan Sei Balai, diduga Kades mengambil Dana Desa atau ADD dan selanjutnya diduga diberikan kepada oknum pejabat Kabupaten Batubara,  ungkap Parmin, Minggu (8/4/2018) kepada wartawan saat acara Panen Raya Desa Sidomulyo.

Beberapa kali Inspektorat datang untuk melakukan pemeriksaan penggunaan Dana Desa di desa Sidomulio Kecamatan Sei Balai namun hasil tidak ada.

Menurut pegawai Inspektorat saat dikonfirmasi wartawan melalui Telepon seluler yang mengaku berinisial Ha mengatakan bahwa dugaan penyalahgunaan Dana Desa oleh oknum Kades Desa Sidomulio harus dapat di selesaikan dan kalau Kades Desa Sidomulyo tidak mengindahkan panggilan kami maka kami melanjutkan prosesnya sesuai hukum yang berlaku. Rabu (4/4/2018).

Terkait adanya dugaan pemberian berupa Upeti terhadap oknum pejabat Kabupaten Batubara yang terindikasi memuluskan Laporan pertanggungjawaban (LPJ) DD dan ADD Kades Desa Sidomulyo Kecamatan Sei Balai Kabupaten Batubara, oknum camat saat dikonfirmasi membantah adanya pemberian Upeti terhadap oknum pejabat Kecamatan, serta oknum Inspektorat saat dikonfirmasi membantah adanya pemberian Upeti terhadap oknum Inspektorat, seterusnya BPMPD melalui Oberlin saat dikonfirmasi juga membantah adanya pemberian Upeti terhadap oknum pejabat BPMPD.

Ironinya, hingga berita ini turun, LPJ Kades Desa Sidomulio Kecamatan Sei Balai Kabupaten Batubara berjalan lancar dan terkait dugaan pemberian Upeti terhadap oknum pejabat Kabupaten Batubara, tidak ada satupun oknum pejabat merasa keberatan atas isu atau dugaan pemberian Upeti terhadap oknum pejabat terkait, walaupun kuintasi pembayaran jelas tertulis nilai rupiah yang diduga diberikan oknum Kades Desa Sidomulio kepada oknum pejabat Kabupaten Batubara tersebut.

Ket : Alaiaro Nduru, Ketua Umum LSM Mitra

Menurut Ketua Umum LSM MITRA Alaiaro Nduru kepada wartawan mengatakan bahwa dugaan pemberian Upeti terhadap oknum pejabat Kabupaten Batubara yang diduga diberikan oknum Kades Desa Sidomulio adalah merupakan mata rantai yang tak terpisahkan sehingga isu atau dugaan pemberian Upeti terhadap oknum pejabat Kabupaten Batubara berpura-pura tidak tahu, dan patut diduga keras kalau yang paling bertanggungjawab terhadap penyalahgunaan Dana Desa oleh oknum Kades Desa Sidomulyo adalah Oknum Inspektorat, karena sampai saat ini LPJ Kades Desa Sidomulio Mulus padahal papan nama Kantor kepala Desa Sidomulio saja sampai sekarang belum ada tulisan apapun, sehingga oknum Kades santai saja, karena oknum Kades merasa sudah aman, ungkap Ketua LSM MITRA kepada wartawan. Minggu (8/4/2018) di dusun VI desa Sidomulio. @AN01

1,546 kali dilihat, 28 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!