Kementerian Desa Gelar Workshop Pengawasan Inovasi Desa

Kementerian Desa Gelar Workshop Pengawasan Inovasi Desa

Sindikat Post, Jakarta – Selama satu hari penuh di Hotel Sultan di Jakarta diselenggarakan Workshop Pengawasan Inovasi Desa yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa PDTT. Kamis (5/7/2019).

Workshop yang sangat intensip itu dihadiri oleh Kepala Dinas PMD dari seluruh Indonesia, Petugas Inovasi Desa dari seluruh Kabupaten dari seluruh Indonesia, para Dirjen dan pejabat senior terkait tingkat pusat dan para anggota Tim Pakar Menteri Desa PDTT secara lengkap. Workshop ini dibuka oleh Irjen Kemendes dengan pembicara utama Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo.

Dalam arahannya Menteri memberi penjelasan tentang keberhasilan program inovasi desa yang mampu mengubah sesuatu yang tidak mungkin menjadi suatu kenyataan baru yang mendatangkan kesejahteraan bagi anggota masyarakat desa.

Bahkan, Menteri memberi contoh tanah yang bergunung-gunung dan selama ini tidak pernah dijamah untuk pertanian, dengan inovasi yang luar biasa bisa menjadi ladang tanaman tebu yang subur dan mendatangkan keuntungan yang berlipat untuk desa dan wilayahnya.

Menteri juga memberi contoh banyak wilayah dengan kekayaan dan keindahan alamnya telah berhasil memanfaatkannya menjadi obyek wisata desa yang sangat menarik sehingga mendatangkan lapangan kerja baru bagi masyarakat luas dan rejeki yang melimpah untuk berbagai profesi yang melayani turis dari dalam dan luar negeri. Masyarakat desa mendadak menjadi masyarakat yang sanggup melayani turis dari berbagai negara dengan memuaskan.

Workshop itu memilih pula daerah yang menjadi juara inovasi yang bergengsi dan nomor pertamanya direbut oleh Kabupaten Gunung Kidul yang dimasa lalu sangat gersang dan berkat inovasi desa berubah menjadi daerah dengan turisme desa yang marak.

Pada akhirnya Workshop yang menarik itu ditutup oleh Sekjen Kementerian Desa PDTT Anwar Sanusi yang menceritakan awal gagasan inovasi desa yang ternyata mendorong terciptanya berbagai inovasi yang mempercepat pembangunan desa dan masyarakat desa yang dinamis. Suatu Workshop yang menggali sesuatu yang mustahil menjadi budaya pembangunan desa yang modern dan menjanjikan.@red (hs)

306 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!