Jelang Pilkada 2020, Bawaslu Bertemu Kejari Manggarai

Jelang Pilkada 2020, Bawaslu Bertemu Kejari Manggarai

Sindikat Post, Manggarai -Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Manggarai melakukan pertemuan dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Manggarai.

Ketua Bawaslu Manggarai, Marselina Lorensia menyampaikan, pertemuan dengan pihak Kejaksaan Negeri Manggarai dalam rangka pembentukan Sentra Gakkumdu dalam pemilihan tahun 2020. 

“Nantinya kita akan bentuk Kelompok Kerja (Pokja) Sentra Gakkumdu yang berkantor di Bawaslu. Koordinasi dibangun untuk mempersiapkan pembentukan Sentra Gakkumdu sebagai instrumen penegakan keadilan pada pelanggaran tindak pidana pemilihan” Ungkapnya kepada awak media ini, Jumat (14/2/2020) 

Dalam pertemuan itu, Marselina Lorensia didampingi  Kordiv Pengawasan Humas dan Hubal Bawaslu Manggarai,  Herybertus Harun, dan diterima langsung Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Manggarai, Yoni P. Artanto, SH didampingi Kasi Pidum I Dewa Gede Samara Putra, SH.

Pembentukan Sentra Gakkumdu di tingkat Kabupaten selain jajaran Bawaslu Kabupaten juga melibatkan dari unsur Penyidik Kepolisian dan unsur Kejaksaan.  Hal ini sesuai ketentuan Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, Undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang Perubahan kedua atas undang-undang nomor 1 tahun 2015 tentang pengesahan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang nomor 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi undang-undang.

Dan juga sesuai dengan Perbawaslu nomor 14 tahun 2017 tentang penanganan pemilihan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota, Peraturan Bersama Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2016, Nomor 01 Tahun 2016, dan Nomor 013/JA/11/2016 Tentang Sentra Penegakan Hukum Terpadu Pada Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Serta Wali Kota dan Wakil Walikota, Surat Edaran nomor 0122/K/.Bawaslu/PM.06.00/II/2020  tentang Pembentukan Sentra Gakkumdu Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, Serta Wali Kota dan Wakil Walikota. @Yosef Bagung 

1,101 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!