Inovasi Teknologi Sumur untuk Air Bersih di Desa Sugih Waras Bojonegoro

Inovasi Teknologi Sumur untuk Air Bersih di Desa Sugih Waras Bojonegoro

Sindikat Post, Bojonegoro – Konon di Desa Sugih Waras, Kecamatan Kepoh Baru, Bojonegoro, Jawa Timur, yang berpenduduk 4.785 jiwa, pada tahun 2007 terjadi kemarau selama lima bulan berturut-turut, sehingga Desa yang namanya “sugih waras” menjadi kurang waras karena banyak penduduk yang kesulitan mendapat air bersih untuk minum, masak, mandi, cuci serta keperluan lainnya.

Awalnya rakyat sabar dan menunggu tindakan positif atau pertolongan yang bisa diberikan oleh pemerintah, khususnya pemerintah desa, tetapi pertolongan itu tidak kunjung tiba. Karena tidak tahan menderita berkepanjangan, puncaknya warga langsung melakukan protes keras ke Balai Desa.

Menurut intormasi yang diperoleh Ketua Tim Pakar Menteri Desa PDTT Haryono Suyono, karena protes tersebut, Himpunan Penduduk Pemakai Air Pam (HIPPAM) mendatangkan seorang Tenaga Profesional dari luar daerah untuk melakukan kajian guna menangani masalah tersebut.

Dari kajian itu muncul rekomendasi solusi untuk memperbaiki semua sumur pompa sentrifugal yang sudah ada dengan sumur submersible yang bisa mencapai kedalaman lebih dalam sampai 60 meter.

Berdasarkan rekomendasi itu, dikembangkan suatu Sumur yang ditempatkan di kedalaman 28-32 meter agar tidak berat dan mencegah turunnya permukaan air. Disamping itu dilakukan penambahan 2 sumur baru dengan diameter 6 inci dan diameter 8 inci.

Melalui usaha tersebut, dalam pengelolaan Bumdes, pasokan air bersih kembali lancar sehingga warga Desa Sugih Waras dapat kembali menikmati air bersih dengan lancar hingga ke rumah-rumah.

Karena pasokan air bersih dapat terjamin dengan baik dan pasokan air dapat menjangkau sampai ke pelosok desa. Jumlah pelanggan air meningkat tajam dari sekitar 600 pelanggan sampai dewasa ini mencapai jumlah 972 pelanggan aktif.

Apabila dibutuhkan informasi tentang usaha sumur bor Desa yang berhasil tersebut dapat dihubungi Ketua Unit Pengairan Hippam Bumdes Aneka Usaha, Tarmudi, nomor telpon hp 082330526350, atau Ketua Bumdes Aneka Usaha, Cipto, nomor telpon hp 085259418150 dengan alamat Kantor Desa Sugihwaras, Jalan Brawijaya Nomor 486, Sugihwaras, Kepohbaru, Bojonegoro. @red (hs)

979 kali dilihat, 9 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!