Program Unggulan Bupati Karangasem “Smart Desa”

Program Unggulan Bupati Karangasem “Smart Desa”

Sindikat Post, Karangasem – Program pendukung pemerintah untuk mensejahterakan rakyat terutama dipedesaan telah di lahir dikabupaten Karangasem, Bali. Bupati karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri sejak memimpin kabupaten Karangasem selalu berpikir inovatif untuk mencari cara bagaimana bisa mensejahterakan warga Karangasem

Progam bertajuk “Smart Desa” bukan hanya bisa diterapkan di Kabupaten Karangasem tetapi bisa diterapkan di seluruh wilayah Indonesia, sehingga program ini bisa membantu pemerintah dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat dan mempermudah aparatur negara dalam bekerja.

Ket : I Gusti Ayu Mas Sumatri, Bupati Karang Asem, Bali (tengah)

Aplikasi Smart Desa dibuat dan digagas oleh I Gd Pawana kepala desa Duda timur Kecamatan Selat Kabupaten karangasem, Bali dan menjadi program unggulan I Gusti Ayu Mas Sumatri dalam memimpin Kabupaten Karangasem.

Adapun tujuan aplikasi teknologi Smart Desa adalah mendukung program pemerintah untuk membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia, mewujudkan “Smart Society” sebagai komponen penting dalam “Clean and Smart Government”, dan mendukung Gerakan Nasional non Tunai.

Aplikasi Smart Desa dirancang dengan pintar untuk dapat mengcover semua kebutuhan masyarakat desa dengan mudah. Adapun kelebihan dari aplikasi Smart Desa adalah, Simple (mudah digunakan), Strong security (semua data terenkripsi dengan tingkat keamanan tinggi), Super Fast (aplikasi menggunakan server cloud terkini dengan kecepatan sangat tinggi untuk menjamin keamanan pengguna), Easy to Customize (aplikasi yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan desa), Real-time (menyediakan data secara langsung), dan Yang terakhir adalah Support (kapanpun dan dimanapun bisa menghubungi untuk bantuan).

Aplikasi Smart Desa dirancang khusus agar dapat diandalkan oleh masyarakat desa dan aparatur desa. Adapun keunggulan aplikasi Smart Desa bagi masyarakat desa antara lain adalah.

Pertama, Memudahkan masyarakat untuk memperoleh layanan surat menyurat secara lebih mudah, cepat dan tidak perlu antri.

Kedua, lebih cepat untuk mendapatkan berita penting dari balai desa.

Ketiga, dapat melaporkan masalah secara langsung ke dinas terkait secara real-time.

Keempat, Memantau secara real-time perkembangan masalah yang dilaporkan.

Kelima, Mengetahui secara real-time masalah yang ada disekitar desa, seperti kebakaran, pencurian, bencana alam dan lainnya.

Keenam, butuh darah, bisa mencari langsung diaplikasi.

Ketujuh, apabila butuh bantuan bisa menekan tombol panik diaplikasi.

Kedelapan, apabila butuh pulsa, token listrik dan lainnya bisa langsung transaksi melalui aplikasi.

Kesembilan, bisa melakukan transfer dana sesama warga desa secara real-time dengan menggunakan c@shless, tanpa perlu membuka rekening bank.

Kesepuluh, bisa melakukan ngobrol gratis dengan video live chat dengan banyak orang sekaligus dengan memakai mych@t dan myp@ck.

Kesebelas, memasarkan produk bisa langsung diaplikasi.

Keunggulan aplikasi Smart Desa bagi aparatur desa antara lain sebagai berikut.

Pertama, memudahkan aparatur desa dalam pembuatan surat warga, dan bisa melihat jadwal kedatangan warga untuk mengambil suratnya.

Kedua, menyebarkan berita penting dari balai desa.

Ketiga, dapat memantau secara langsung laporan masyarakat ke masing masing dinas.

Keempat, Memantau secara real-time perkembangan masalah yang dilaporkan.

Kelima, memantau secara real-time masalah yang ada disekitar desa, seperti kebakaran, pencurian, bencana alam dan lainnya.

Keenam, dapat mencari data secara akurat dan cepat.

Ketujuh, Map warga secara real-time.

Kedelapan, dapat melaporkan keuangan desa secara cepat dan akurat.

Kesembilan, dapat memperoleh data statistik yang lengkap untuk semua kebutuhan desa.

Kesepuluh, dapat ngobrol gratis sesama perangkat desa dan warga desa dengan video chat live memakai mych@t dan myp@ck

Aplikasi sangat berguna bagi bangsa dan negara, aplikasi Smart Desa layak diterapkan di pemerintahan saat ini, dengan NAWACITA presiden kita Joko Widodo. @red

1,113 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!