Ibu-Ibu Kementerian Tenaga Kerja Ikuti Pelatihan Urban Farming

Ibu-Ibu Kementerian Tenaga Kerja Ikuti Pelatihan Urban Farming

Sindikat Post, Jakarta – Pada sela-sela “hari terjepit” setelah Hari Natal dan menunggu tahun baru 2019, Ibu Ria Hery Sudarmanto, selaku Ketua didampingi ibu Ma’ripah Hanip Dhakiri, istri Menteri Tenaga Kerja selaku penasehat dengan sekitar 40 ibu-ibu istri para pejabat Kementerian Tenaga Kerja RI, pada hari Kamis (27/12/2018). mengikuti pelatihan tentang “Urban Farming” yang digelar oleh Yayasan Anugerah Kencana Buana di Gedung HSC Center di Jakarta.

Pelatihan yang diberikan oleh Fajar Wiryono, Ketua Yayasan Anugerah, dibantu oleh Rudi Lubis, Sulaiman, Dedy dan Bambang di pusat pelatihan HSC Center di Jakarta selama satu hari penuh. Para peserta mendapatkan teori singkat menanam sayur dengan pupuk Organik, mengolah tanah sebagai media tanam serta belajar langsung menanam sayur modern yang siap panen untuk disajikan di meja makan dalam waktu tidak lebih dari dua minggu.

Ibu Ma’ripah, Ibu Ria dan rombongannya setelah mengikuti pelatihan teori dan praktek yang memadai, diajak meninjau “Roof Garden” diatas atap rumah kediaman Haryono Suyono, mantan Menko Kesra Taskin yang dewasa ini membantu Menteri Desa PDTT Eko Prio Sandjojo menjadi Ketua Dewan Pakarnya, guna melihat Kebun Kota diatas rumah itu. Para ibu dengan antusias yang tinggi melihat bahwa atap rumah bisa diubah menjadi Kebun Kota untuk menanam berbagai sayur yang siap dimakan setiap hari karena bisa tumbuh dengan subur dan menghasilkan sayur bebas bahan kimia karena diberi pupuk bebas bahan kimia.

Pada lantai atas rumah itu dipelihara juga ikan lele sebagai bahan lauk yang dengan mudah dipelihara dalam kolam kecil tetapi di huni ratusan lele yang juga segera siap santap karena bisa tumbuh segar dengan pemeliharaan yang sederhana. Suatu pertanian perkotaan menggunakan lahan sempit dengan tehnik modern dan menghasilkan sayuran dan lele yang siap santap setiap kali dibutuhkan dan mengandung gizi yang tinggi.

Para peserta yang antusias itu diharapkan akan menjadi contoh masyarakat luas manakala mereka melakukan peninjauan dan mengadakan pertemuan dengan karyawan lain di daerah dalam kegiatan Dharma Wanita yang mendiri dan bermanfaat luas. Pengalaman mereka bisa ditularkan kepada masyarakat luas di desa maupun di daerah kota. Semoga. @ref (hs).

261 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!