“GamelAwan” Desa Sendangagung Lamongan Go Internasional lewat Musik Etnik

“GamelAwan” Desa Sendangagung Lamongan Go Internasional lewat Musik Etnik

Sndikat Post, Lamongan – Agus Wahid Suyoto, Tenaga Ahli PED Lamongan melaporkan adanya Kelompok Musik di Desa Sendangagung Lamongan bernama GamelAwan yang mampu menembus popularitas tingkat internasional melalui upaya memadukan alat musik tradisional Jawa Gamelan dan alat aransemen modern. Minggu (30/12/2018).

Sejarah budaya ini telah berkembang sejak dulu mulai jaman kerajaan-kerajaan besar seperti Kerajaan Hindu Mataram, Singasari, Majapahit, Pajajaran, kerajaan Islam Demak, sampai Mataram. Setiap kerajaan memiliki kebudayaan yang menjadi ciri khas kerajaan tersebut. Karena itu Pulau Jawa merupakan gudang kebudayaan dan kesenian, musik gamelan, reog, ketoprak, wayang kulit, ludruk, jidor, dan lain-lain.

Sisa-sisa dari budaya itu di Desa Sendangagung ada sekelompok anak muda yang mempunyai kreativitas membentuk sebuah grup musik etnik yang bernama “GamelAwan” yang memadukan konsep musik etnik Jawa (gamelan) dengan unsur musik modern dengan tujuan agar musik gamelan tetap lestari, dicinta, dan lebih diterima penggemar musik. Hasil kreativitas anak-anak muda desa ini diunggah di internet melalui portal Youtube, ternyata hasilnya luar biasa, perhatian masyarakat luar biasa, fansnya melimpah sehingga grup ini tetap eksis di tengah ketatnya persaingan dunia industri musik saat ini.

Salah satu yang menarik dari group ini adalah kostum GamelAwan yang setiap tampil mengenakan motif batik tulis khas Sendangagung, yaitu Bandeng Lele. Dalam setiap tampilan GamelAwan membawa mengenalkan budaya Desa Sendangagung mengangkat batik Sendangagung sebagai salah satu desa produsen batik di Kabupaten Lamongan. Disamping itu, selama pertujukan, Pemerintah Desa Sendangagung mengenalkan potensi-potensi yang dimiliki Desanya, SDA maupun SDMnya, mulai dari indusri rumahan kerajinan batik tulis oleh ibu-ibu pengrajin batik, industri rumahan kerajinan emas dan pengrajinnya, kesenian jidor, serta potensi pemandangan alam dari atas gunung yang indah dan menawan, hamparan hutan desa nan rindang. Bahkan lebih dari itu, Pemerintah Desa Sendangagung mengembangkan wisata out bond dan wisata edukasi. Ke depan grup musik etnik GamelAwan akan berkolaborasi dengan grup musik tradisional dari India, yang telah berkunjung ke Desa ini untuk lebih menembus khasanah dunia.@red (hs)

297 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!