Bank Sampah Cibanteng Ciptakan Lingkungan Bersih

Bank Sampah Cibanteng Ciptakan Lingkungan Bersih

Sindikat Post, Bogor – Untuk menangani permasalahan sampah, masyarakat Desa Cibanteng RT 07 RW 06 berinovasi mendirikan Bank Sampah Asri Mandiri. Bank Sampah mengumpulkan dan menampung sampah dari masyarakat sebagai tabungan yang bisa dicairkan dalam bentuk uang. Berkat inovasi itu, Desa Cibanteng mampu mendidik masyarakat untuk peduli lingkungan sekaligus meningkatkan perekonomian keluarga.

Desa Cibanteng terletak Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Bank Sampah Asri Mandiri berdiri sejak tahun 2013 dengan tujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dari sampah. Pengelola rajin melakukan sosialisasi ke masyarakat untuk mengumpulkan sampah, khususnya sampah rumah-tangga, untuk dikirim ke bank sampah sebagai tabungan.

Menurut laporan Gedhe Nusantara yang terbaca Ketua Tim Pakar Mendes PDTT Haryono Suyono, Bank Sampah Asri Mandiri telah memiliki 158 nasabah yang tersebar di 7 Rukun Tetangga. Sampah yang berasal dari rumah-rumah itu dipilah menjadi dua, yaitu sampah organik maupun non organik. Mulai dari plastik, botol, kertas dan bekas sayuran.

Kegiatan Bank Sampah mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Desa Cibanteng. Tak berlebihan, Desa Cibanteng mampu menyabet predikat pertama sebagai pengolahan sampah terbaik dan program kampung kreatif dari Dinas lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor. Inovasi bank sampah di Desa Cibanteng patut dicontoh oleh desa-desa yang lain. Selain membiasakan masyarakat peduli lingkungan, bank sampah mendidik masyarakat untuk menabung dan meningkatkan perekonomian keluarga. @red (hs)

246 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!