Desa Kecupak Hasilkan Bermacam Kerajinan dari Batok Kelapa

Desa Kecupak Hasilkan Bermacam Kerajinan dari Batok Kelapa

Sindikat Post, Sumatera Utara – Desa Kecupak I, salah satu Desa dari lima desa yang berada dalam wilayah Kecamatan Pergetteng getteng Sengkut Kabupaten Pakpak Bharat, Provinsi Sumatera Utara.

Jumlah Penduduk Desa Kecupak I sebanyak 737 jiwa dengan perbandingan jumlah laki-laki sebanyak 367 jiwa dan perempuan sebanyak 370 jiwa. Mayoritas penduduknya bermata pencaharian disektor Pertanian dengan paling banyak menghasilkan Padi dan Cabai Merah.

Selain dari sektor pertanian, masyarakat desa Kecupak I juga berprofesi sebagai pengrajin. Salah satu Kerajinan yang ada didesa Kecupak I adalah Kerajinan dari batok kelapa.

Kerajinan Batok kelapa ini di buat oleh Mariato Manik yang memulai usaha ini sejak 2 tahun yang lalu melalui cara belajar yang mandiri. Biarpun mandiri sesungguhnya membuat kerajinan ini tidak semudah yang kita bayangkan, diperlukan kesabaran dan ketelatenan untuk menghasilkan sebuah karya/kerajinan yang bagus.

Hasil Kerajinan Batok Kelapa ini tidak kalah saing dengan kerajinan modern sehingga layak untuk dipasarkan ke luar daerah bahkan keluar Provinsi. Membuat kerajinan tangan ini dilakukan sendiri oleh Marianto Manik. Dan apabila Pesanan meningkat, beliau memakai tenaga orang lain untuk membantunya.

Permasalahan awal yang timbul adalah tempat usaha yang kurang strategis karena masyarakat kurang mengenal jenis kerajinan ini. Salah satu sebabnya adalah sumnber daya manusia yang langka, pemasaran hanya dilakukan dari mulut ke mulut karena tidak ada usaha yang sistematis. Untuk menyelesaikan masalah itu dilakukan usaha yang menetap di tempat pengambil prakarsa, belajar lebih banyak melalui jaringan sosial dan dilakukan pemasaran melalui jaringan yang sama dengan sistem internet. @red (hs/Arjuna)

1,545 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!