Desa Blang Krueng Aceh, Membangun Sekolah Untuk Memenuhi Kebutuhan Pendidikan

Desa Blang Krueng Aceh, Membangun Sekolah Untuk Memenuhi Kebutuhan Pendidikan

Sindikat Post, Aceh – Sejak Indonesia merdeka, pembangunan di segala sektor digalakkan, termasuk pembangunan sekolah di desa. Kebutuhan masyarakat desa terus berkembang tetapi selalu kalah dengan kebutuhan yang makin maju. Salah satu kekurangan pembangunan yang belum terpenuhi itu dalam hal Pendidikan dan juga dalam hal pemenuhan lapangan kerja.

Tidak jarang, anak-anak desa harus bersekolah dengan puluhan kilometer jaraknya ataupun kondisi sekolah yang tidak layak untuk dihuni. Padahal, pemerintah pusat maupun daerah sepakat untuk mewajibkan pendidikan minimal 12 tahun.

Seperti wilayah Aceh, sebelum kejadian Tsunami, bangunan pendidikan di Gampong (Desa) Blang Krueng, Aceh sudah cukup terpenuhi. Sayangnya desa tersebut menjadi desa yang terkena dampak tsunami. Maka, dari sanalah pemerintah setempat membangun kembali dari nol sehingga kebutuhan pendidikan warga terpenuhi dengan baik. Untung dewasa ini ada kegiatan yang dibiayai dengan Dana Desa sehingga kekurangan seperti itu setapak demi setapak akan segera terpenuhi.

Gampong (Desa) Blang Krueng merupakan salah satu dari 604 desa di Aceh Besar. Terletak di kawasan pesisir pantai, tepatnya di Kecamatan Baitussalam yang dihuni oleh 646 kepala keluarga dengan 2.637 jiwa. Pemerintah Desa Blang Krueng, Aceh, mengakui bahwa desa mereka masih tertinggal terutama dalam hal pendidikan. Maka pemerintah setempat berinisiatif membanguan taman kanak-kanak (TK) dan juga sekolah dasar (SD) guna memenuhi kebutuhan warganya untuk mengenyam pendidikan awal dan dasar.

Sejak berdiri tahun 2014, mulai dari pembangunan gedung, keuangan untuk operasional, bahkan gaji kedua puluhan guru di sekolah ini, sebagian besar dibantu unit-unit usaha BUMG Blang Krueng.

Sejak awal 2018, Yayasan Hafidzul Ilmi tunduk penuh di bawah BUMDes Blang Krueng sebagai unit baru bidang Pengembangan Pendidikan Gampong. Cita-citanya tidak hanya sampai berdirinya kedua sekolah, tetapi lahirnya SMP-IT, SMA-IT, dan bahkan Universitas Blang Krueng di desa ini. Karena itu diharapkan agar semua pihak memberikan dukungan agar upaya membangun dapat berjalan dengan lancar dan segera kebutuhan masyarakat di desa dapat terpenuhi dengan sempurna dan masa depan Bangsa dapat menjamin untuk warganya hidup bahagia dan sejahtera. @red (hs) dan

290 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!