BUMNag Maju Bersama Gerakkan Ekonomi Nagori Wonorejo Melalui Konsep Modal Sosial

BUMNag Maju Bersama Gerakkan Ekonomi Nagori Wonorejo Melalui Konsep Modal Sosial

Sindikat Post, Simalungun – Arjuna SP melaporkan dari Desa Wonorejo yang terletak di Kecamatan Pematang Bandar, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara bahwa pada bulan Juli 2017 mendirikan usaha pembibitan ikan Badan Usaha Milik Nagori “Maju Bersama” sebagai usaha mengatasi pengembangan usaha perikanan di desa, sekaligus membantu petani-petani ikan dari berbagai daerah yang datang mencari bibit ikan nila di nagori ini. Usaha ini sekaligus mengintegrasikan usaha pembibitan ikan warga agar mampu mencapai skala produktif karena sebelumnya sebagian besar warga Nagori Wonorejo mengembangkan pembibitan ikan nila di lahan sawah.

Pada fase awal, masalah utama pelaku usaha perikanan yang sebagian besar belum memiliki pengetahuan yang cukup, tentang usaha perikanan yang berkelanjutan. Banyak penduduk belum memiliki skala usaha yang layak (economy of scale). Akibatnya, tidak sedikit pelaku usaha perikanan yang hanya sambilan, melakukan praktik-praktik usaha perikanan yang tidak berkelanjutan, karena adanya tantangan dari segi permodalan, dan pemasaran, serta prasarana daya dukung ekosistem.

Atas pembinaan dari Pemerintah, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagori (PMPN) Kabupaten Simalungun, dan bimbingan dari Tenaga Pendamping Profesional (TPPI), pada 2018 BUMNag Maju Bersama berbenah melakukan perbaikan pelayanan dengan peningkatan ekonomi nagori dengan berbagai kegiatan inovatif.

Melalui konsep Modal Sosial (Sosial Capital), BUMNag Maju Bersama memanfaatkan sumberdaya lokal dengan unit Pembibitan Ikan Nila, dimana BUMNag menjalankan usaha perantara yang memberikan jasa pelayanan kepada warga, selain itu juga menjalankan usaha perdagangan dengan memasarkan produksi perikanan masyarakat nagori.

Keberadaan modal sosial menjadi penting dalam pembangunan nagori dan pemberdayaan masyarakat nagori, tidak hanya terkait dengan pemenuhan kebutuhan ekonomi, tapi juga perluasan akses terhadap sumber-sumber daya dan menggali potensi yang ditentukan pula oleh ketersediaan jejaring kerja (network), dan saling percaya (mutual trust) di kalangan masyarakat, suatu jejaring kerja, kepercayaan, dan kerjasama.

BUMNag Maju Bersama memasarkan produksi bibit ikan, masyarakat sekaligus membantu permodalan berupa benih dan pakan. Melalui kegiatan usaha pembibitan ikan yang dikelola BUMNag, masyarakat mulai bergairah dan termotivasi.

Penerapan konsep modal social di Nagori Wonorejo memberikan dampak yang signifikan. Pertama, peningkatan kondisi dan taraf hidup masyarakat, diukur dari hal-hal seperti : peningkatan pendapatan keluarga, peningkatan taraf hidup keluarga, peningkatan kesehatan gizi keluarga.

Kedua, peningkatan partisipasi dalam pembangunan, diukur dari peningkatan kesadaran dan kemampuan ikut serta dalam kegiatan-kegiatan nagori seperti : memberi informasi, memberi sumbangan pemikiran dalam musyawarah nagori, memberi sumbangan tenaga dalam gotong royong, serta meningkatknya hubungan kekeluargaan.

Ketiga, peningkatan kemampuan berkembang secara mandiri, diukur dari kemampuan memenuhi kebutuhan keluarga secara mandiri atau atas usaha sendiri, dan kemampuan mengembangkan atau mengelola usaha.

Untuk mengembangan ekonomi desa diperlukan komitmen pemerintah dalam upaya membina, dan menyadarkan masyarakat terhadap program pembangunan nagori. Partisipasi masyarakat menjadi unsur penting keberhasilan pembangunan, baik di tingkat nasional, daerah maupun di tingkat desa. Pemerintah Kabupaten Simalungun mengapresiasi inovasi desa di Nagori Wonorejo dengan memberikan bantuan alat pembuat pakan ikan.

Untuk meningkatkan keberhasilan pembangunan desa, maka jejaring kerja nilai kepercayaan dan kerjasma (kemitraan) selalu perlu dipelihara dan ditingkatkan, baik dalam lingkungan sesama masyarakat, antara masyarakat dengan pemerintah dan antar unsur pemerintah di tingkat nagori. Nilai-nilai modal sosial yang dapat memberikan motivasi bekerja lebih produktif, mendorong percepatan keberhasilan pembangunan nagori dan pemberdayaan masyarakat nagori, khususnya dalam menggerakkan ekomomi masyarakat di Nagori Wonorejo. @red (hs)

470 kali dilihat, 24 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!