Budaya dan Adat Grumbul Kalibening Kab. Banyumas Jadi Destinasi Wisata

Budaya dan Adat Grumbul Kalibening Kab. Banyumas Jadi Destinasi Wisata

Sindikat Post, Banyumas – Dengan dibukanya kesempatan yang luas kepada penduduk desa, aparat desa dan punggawa desa mengembangkan desanya, dewasa ini tumbuh aneka gagasan baru menciptakan kegiatan yang mendatangkan kreasi menarik sehingga mendatangkan banyak pengunjung mengagumi kreasi tersebut. Mereka tidak saja tertegun tetapi berani mengeluarkan uang dan memberi masukan kepada penduduk setempat.

Tidak itu saja, tetapi sekaligus mengembangkan budaya local yang menjadi bagian dari budaya suatu daerah dan akhirnya bagian yang tidak terpisahkan dari budaya nasional. Budaya dan adat di Grumbul Kalibening Kabupaten Banyumas dikemas sedikian rupa demi terciptanya tatanan kehidupan yang selaras, serasi dan seimbang dengan budaya masyarakat.

Ketua Tim Pakar Menteri Desa PDTT Haryono Suyono mengamati bahwa selain perkembangan diatas, terjaga juga kelestarian alam dan adat budaya sebagai daya tarik yang berbeda sebagai potensi wisata yang menimbulkan dampak ekonomi masyarakat. Berubahnya pola pikir masyarakat untuk lebih memepertahankan dan menjunjung tinggi adat dan budaya lokal dalam berkehidupan bermasyarakat diharapkan mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera dengan adat budaya yang di miliki melalui penggalian potensi yang dimiliki.

Apabila sinergi antara pengembangan wilayah dan turisme daerah itu bisa berkembang secara terpadu, maka kelestarian alam akan berdampak perhatian yang tinggi dari masyarakt luas untuk makin menghargai budaya dan seni daerahnya yang mencerminkan kehidupan yang lebih berbudaya dan makin beradab.@red (hs)

375 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!