Bisnis Penangkapan Tokek, Hengky Jadi Pesakitan

Bisnis Penangkapan Tokek, Hengky Jadi Pesakitan

Sindikat Post, Surabaya –  Sidang perkara penipuan dengan terdakwa Hengky Irawan Suwargono dalam agenda sidang mendengarkan keterangan saksi korban bernama Ganda Kusuma Sutiono digelar di Pengadilan Negeri Surabaya. Rabu (21/8/2019).

Ganda dalam persidangan menerangkan awal mula dirinya ditipu ketika terdakwa menawarkan bisnis penangkapan Tokek. Terdakwa mengatakan kepada korban kalau memiliki binatang jenis Tokek yang ukurannya mencapai 55-60 cm, sambil memperlihatkan gambar tokek yang ada di Hand Phone milik terdakwa.

Selanjutnya, terdakwa mengatakan pada korban jika harga Tokek tersebut mencapai milyaran rupiah, dan juga terdakwa menjelaskan bahwa bisnis penangkapan tokek tersebut tidak lama, dan dalam proses penangkapan membutuhkan biaya sekitar Rp 30 juta.

Dengan iming iming keuntungan yang begitu besar, maka akhirnya korban tertarik untuk menjalankan bisnis Tokek, kemudian korban tergerak hatinya mengirimkan uang sebesar Rp 30 juta kepada terdakwa sebagai bukti investasi.

Kemudian, terdakwa bersama saksi Surya Hasani yang juga merupakan salah satu korban, pada hari Kamis 28 Desember 2017 sekira pukul 19,00 wib bertemu dirumahnya jalan Pacar kembang IV/24a Surabaya, lalu saksi korban menyerahkan uang melalui transfer sebesar Rp 27 juta ke rekening terdakwa.

Setelah terdakwa menerima uang tersebut, terdakwa tak kunjung menyerahkan tokeknya kepada korban, kemudian korban melaporkan terdakwa ke polisi.

Dari keterangan korban, Hakim menanyakan ke tersangka terkait keberadaan Tokek. “Sebenarnya Tokek itu ada apa enggak ?.’ Yang dijawab terdakwa, “Insya Allah ada pak Hakim.”

“Terus minyak itu digunakan untuk apa ?,” tanya Hakim, “Minyak itu adalah salah satu syarat untuk menangkap Tokek itu pak Hakim,” jawab terdakwa.

Hakim melanjutkan bertanya, “Kenapa kok pakai minyak segala ?.” Tersangka menjawab, “Karena dalam hal ini masih berbau mistik, jadi harus pakai minyak ini pak Hakim.”

Akibat perbuatannya, terdakwa Hengky dijerat dengan pasal 378 tentang penipuan dan harus mempertanggung jawabkan perbuatannya didepan hukum. @budi

423 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!